background

Berita & Kegiatan

REUNI AKBAR IKA ALUMNI POLINEMA 2018

Diunggah pada 31 Maret 2018

Tema : “Sinergi Alumni dalam Kewirahusahaan & Peningkatan Daya Saing Polinema”

 

Masih dalam rangka Dies Natalies Polinema yang ke 36, Ika Alumni Pusat Polinema mengadakan Reuni Akbar Alumni POlinema lintas angkatan dan lintas jurusan yang dilaksanakan di Graha Polinema, 31 Maret 2018. Acara ini merupakan kelanjutan dari acara Sarasehan Alumni adalah acara Reuni Akbar dimulai pukul 12.30 WIB setelah Sarasehan di pagi harinya hingga berakhir pada jam 17.10 WIB.

Acara diawali dengan hiburan musik dan registrasi, serta ramah tamah. Acara ramah-tamah menyesuaikan dengan tema Sarasehan dan Temu Alumni tahun ini adalah “Sinergi Alumni dalam Kewirahusahaan & Peningkatan Daya Saing Polinema”. Alumni yang hadir menikmati sajian ragam hidangan yang disediakan oleh alumni-alumni yang mempunyai usaha kuliner di Malang. Selain menyantap makanan yang ada, alumni juga bisa melihat bagian dari proses penyajian makanan yang menarik. Jadi makanan yang disajikan bukan sedekar sebagai pengisi perut tetapi juga sebagai aktivitas dan kreativitas alumni-alumni yang memilih menjadi enterpreneur dalam menyajikan hidangan kuliner mereka.

Ragam kuliner yang disediakan dalam acara Reuni Akbar ini ada 8 macam diantaranya menu Jawa yang disajikan oleh Mbak Ulfa alumni Administrasi Niaga, Nasi Kebuli, Ketan bubuk dan bakso kotak mini yang disajikan oleh Hamzah dari Jurusan Administrasi Niaga.

Diawali dengan pembagian doorprice kepada alumni yang hadir dilanjutan dengan Pemaparan Safety Induction K-3L oleh Bapak Etno alumni Teknik Sipil. Selanjutnya adalah acara sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Moh. Zenurianto Dipl. Eng. HTL. MSC.selaku ketua pelaksana sekaligus Ketua IKA Polinem Pusat. Selanjutnya adalah sambutan sekaligus membuka acara Sarasehan Alumni oleh Direktur Politeknik Negeri Malang yaitu Bapak Drs. Awan Setiawan MMT. MM.. Bapak Awan dalam sambutannya mengharapkan kerjasama dengan alumni terutama industri untuk revitalisasi. Rencana kedepan juga mengharapkan alumni bisa menjadi dosen industri dan mengajar para mahasiswa di POLINEMA. Selanjutnya disampaikan direktur Polinema adanya revitalisasi program kuliah yaitu 3 2 1 (3 semester kuliah, 2 semester magang dan 1 semester untuk menyelesaikan tugas ahkir). Agenda berikutnya adalah mengadakan program program road show dan kujungan ke kota kota lain untuk mengumpulkan alumni di berbagai industri.

Acara dilanjutkan dengan Pelantikkan kepengurusan IKA POLINEMA Cabang Jawa Timur berdasrkan SK. Ketua Umum IKA POLINEMA No.2 tahun 2018 oleh Bapak Moh. Zenurianto Dipl. Eng. HTL. MSC. Sekaligus melakukan peresmian Kartu Tap Cash Alumni POLINEMA yang bekerjasama dengan Bank BNI. Setelah peresmian kartu Tap Cash dilanjutkan dengan perkenalan website IKA POLINEMA oleh Ibu Ely Setyo Astuti.

Sambung rasa adalah acara sesi berikutnya yang dipandu oleh M. Isa Ashori selaku moderator. Sesi ini diadakan khusus untuk para hadirin terutama para alumni untuk saling memberikan masukan dan saling besinergi satu dengan yang lainnya. Sambung rasa diwakili oleh 3 alumni dari IKA POLINEMA J2BL yaitu Mas Fendi, Mas Ape dan Mas Wahyu serta 2 alumni dari IKA POLINEMA Cabang Jawa Timur yaitu Mas Bagus dan Mas Bowo.

Diawali dengan pendapat dari Mas Bagus bahwa IKA POLINEMA yang dulunya mempunyai maindset siap kerja harus diubah menjadi lulusan POLINEMA 70% siap usaha. Perubahan tersebut diadakan karena tidak semua lulusan bisa langsung bekerja. Jadi perlu pembentukkan mental para mahasiswa POLINEMA untuk siap kerja dan siap usaha. Point selanjutnya memberikan saran adanya bidang bisnis dalam struktural IKA POLINEMA. Diharapkan para alumni yang ada dibidang tersebut bisa membentuk mental mahasiswa dan memberi wawasan serta menjembatani untuk memulai suatu usaha.

Dilanjutkan masukan dari Mas Ape yang merupakan ketua IKA POLINEMA J2BL Terkait keanggotaan IKA POLINEMA sudah ada perkenalan struktur baru oleh Moh. Zenurianto Dipl. Eng. HTL. MSC. yang membuat lebih baik untuk menjalankan program. Selanjutnya beliau menanggapi dari Mas Bagus dalam perubahan maindset. Hal tersebut bisa di handle oleh para alumni yang masih junior atau baru dan mengerti kondisi dunia kerja dan usaha saat ini. Yang terakhir menyampaikan manfaat IKA POLINEMA untuk membantu berkontribusi dalam pembangunan negara.

Mas Wahyu Purnomo sebagai ketua IKA POLINEMA BATAM menyampaikan perlunya perubahan pada kurikulum di POLINEMA seiring mengikuti perkembangan dunia kerja dan bisnis. Sehingga diperlukan perubahan kurikulum untuk menyiapakan lulusan siap kerja di era revolusi industri. Mas Gatot juga menyampikan perlunya meningkatkan semangat kepada para alumni dan tetap bersatu.

Dilanjutkan sambutan dari bapak Supriatna sebagai Pudir 1 Polinema. Dalam sambutannya beliau membahas tentang point-point sambutan dari Bapak Drs. Awan Setiawan MMT. MM.. yaitu : perlunya aspek sumber daya manusia untuk magang sudah menjadi sebuah prioritas, akan adanya perubahan program revitalisasi menjadi 3 2 1, adanya beberapa masalah dalam mencarikan industri untuk magang selama 1 tahun karena banyaknya mahasiswa POLINEMA yang hampir berjumlah 3100. Solusi dari permasalahan tersebut diantaranya : perlunya tambahan aspek kepada para dosen dengan memberikan pelatihan dan juga magang industri. Sangat mengharapkan update kurikulum di setiap jurusan sesuai yang akan di hadapi di dunia kerja. Meminta kerjasama dengan untuk 50% dosen industri dari alumni dan 50% dari industri.

Pada kesempatan berikutnya Mbak Mediana menyampaikan perlu adanya konsentrasi dalam membentuk IKA POLINEMA wilayah Jawa, Batam, dan Kalimantan. Adanya grup WA yang sesuai dengan angkatan dan jurusan untuk memudahkan dalam mempersatukan alumni ketika dibutuhkan. Mengajukan koordinator atau wakil dari setiap jurusan dan angkatan untuk memudahkan dalam persebaran informasi. Perlu mengsinkronkan IKA POLINEMA PUSAT dengan IKA POLINMEA Cabang untuk memudahkan para ketua bidang berkoordinasi dengan pusat.

Mas Pendi yang menyetujui saran dari  Mbak Mediana untuk membuat grup WA karena bisa mempersatukan angkatan senior dengan angkatan muda sekaligus untuk regenerasi. Selanjutnya menanggapi sambutan Pak Supriatna bahwa untuk menjadi dosen industri akan menjadi sebuah tantangan bagi alumni Polinema  untuk memberikan kontribusinya untuk POLINEMA terutama bagi alumni yang bekerja sebagai owner, manajer dan lain lain. Beliau juga menambahkan akan lebih baik jika forum bisnis diberikan dukungan dana. Contoh IKA POLINEMA J2BL mengadakan iuran untuk menghidupi kegiatan dan program IKA POLINEMA. Komunikasi antar alumni harus tetap terjalin meskipun tehalang jarak.

Moh. Zenurianto Dipl. Eng. HTL. MSC sebagai ketua IKA POLINEMA Pusat menyetujui adanya komunikasi dengan IKA POLINEMA Cabang Jawa Timur dan J2BL untuk membentuk struktur organisasi baru. Dalam struktur organisasi dalam suatu bidang alangkah lebih baik jika di isi oleh alumni senior dan alumni junior agar tidak muncul pengelompokkan. Selanjutnya beliau akan menuntaskan yaitu struktur komisariat yang sudah mulai berjalan.

Diakhir acara diadakan pembagian doorprize, dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Dan ditutup dengan do’a.