background

Berita & Kegiatan

Sarasehan Alumni Polinema 2016

Diunggah pada 30 Maret 2017

Dalam rangkaian Dies Natalis Polinema ke-32 dilaksanakan Sarasehan alumni tahun 2016 pada tanggal 14 Mei 2016 dengan Tema meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dalam menghadapi persaingan Global, yang dihadiri oleh perwakilan alumni dari jurusan Rekayasa dan Jasa. Dari Rekayasa dihadiri Bapak Sujatmiko (PT Asri Karya Lestari) dari Jurusan Teknik sipil,  Bapak. Frikke Anggakusuma (Factory Director, PT.SAI) dan Bapak Agus Suripto (Senior Mechanical Engineering PT Forma Ocean Indonesia) mewakili alumni dari jurusan Teknik Mesin. Bapak. Hanafi (Team Leader Pt. HM Sampoerna) dari jurusan Teknik Kimia, Sedangkan dari Teknik Elektro Telekomunikasi diwakili oleh Bapak. Freddy Eko Soegiarto (IT Departement Head, PT. PAMA PERSADA Kalimantan Selatan), Bapak Arif Efendi (Specialist Transport Performance Service Quality Departement, PT. Huawei Services Jakarta), Bapak. Wahyu Purnomo (Planning & Logistic Manager, PT. Excelitas Technologies Batam), Bapak. Ruston Efendi (PT. Smelting). Rusdianto (Engineer SCADA and Integration, PT Puncak Jaya Power ) dari Teknik Listrik.

Sedangkan dari Jurusan Jasa hadir Bu Rima (Manajer East Java, PT. Indosat) dan Bapak. Isa (Manajer Teknologi Informasi, PT. POS Indonesia) dari jurusan Administrasi Niaga, Muhammad Syaifudin Ali Sahidu (Manajer Akuntansi & Keuangan PT Amerta Inda Otsuka Pocari ) dari Jurusan Akutansi.

Pada sarasehan alumni yang diselenggarakan di Aula Pertamina Polinema ini mengundang kepala jurusan, sekretaris jurusan, ketua prgram studi dan tim kurikulum dari setiap jurusan. Tujuan dari acara ini adalah untuk sharing informasi dari alumni tentang perkembangan industri saat ini, kebutuhan tenaga kerja di dunia industri, serta masukan, kritik dan saran mengenai lulusan Politeknik khususnya Polinema sehingga masukan, kritik dan saran tersebut bisa menjadi salah satu sumber bahan kajian tim kurikulum Polinema dalam rangka memperbaiki dan menyelaraskan kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja di dunia industri dalam menghadapi persaingan global.

Pembahasan dan diskusi sarasehan alumni selanjutnya di fokuskan pada cara menyiapkan calon alumni Polinema dalam menghadapi dunia kerja / dunia industri, mengingat sebagaian besar industry saat ini telah menggunakan sistem otomasi. Pengertian dari sistem otomasi industry adalah dalam proses produksinya industry telah menggunakan mesin yang bersifat otomatis sehingga kebutuhan industry terhadap tenaga kerja manusia berkurang dan digantikan mesin.

Sistem otomasi ini berdampak langsung maupun tidak langsung bagi calon lulusan Polinema, antara lain:

  • Calon lulusan dituntut menguasai skill dan selalu menerapkan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dalam setiap aktivitasnya.
  • Calon lulusan dituntut bekerja sesuai SOP (Standard Operational Procedure).
  • Calon lulusan wajib menguasai teknologi yang sesuai dengan kebutuhan industry.

Disamping itu dalam era MEA calon lulusan Polinema juga dituntut mempunyai kemampuan komunikasi yang unggul, kemampuan mengemukakan pendapat, jiwa kemimpinan serta kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya. Diharapkan calon alumni juga dibekali sertifikasi kompetensi yang dapat menunjang kerjanya. Dan tidak kalah pentingnya softskill, attitude yang baik dan survival capability yang merupakan ciri dari Polinema terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Para alumni Polinema yang hadir siap mendukung dan berkontribusi dalam proses peningkatan kualitas lulusan Polinema. Salah satu bentuk kontribusi yang diberikan, alumni bersedia perusahaan dimana mereka bernaung sebagai tempat uji kompetensi dan memberikan training, sebagai tempat PKL mahasiswa Polinema agar mahasiswa mendapatkan ilmu dan pengalaman di dunia kerja yang sebenarnya. Alumni juga bersedia menjadi donatur untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik maupun non akademis yang bagus namun kurang mampu. Adapun seleksi pemberian beasiswa berdasarkan SOP beasiswa IKA Alumni Polinema.