background

Berita & Kegiatan

Sarasehan Alumni Polinema 2018

Diunggah pada 31 Maret 2018

Dalam rangka Dies Natalies Polinema yang ke 36, salah satu kegiatannya adalah Sarasehan dan Temu Alumni tahun 2018 ini mengambil tema “Sinergi Alumni dalam Kewirahusahaan & Peningkatan Daya Saing Polinema”. Acara di bagi menjadi dua bagian yaitu Sarasehan Alumni yang mengundang Alumni-alumni untuk berbagi ilmu dan pengalaman di dunia kerja kepada adik-adik Mahasiswa Polinema. Yang kedua adalah acara Reuni Akbar Polinema 2018 yang mengundang alumni lintas jurusan dan lintas angkatan. Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2018 di Gedung Graha Polinema. Acara Sarasehan Alumni dengan Mahasiswa dimulai pukul 08.30 WIB – 12.00 WIB. Sedangkan acara Reuni Akbar dimulai pukul 12.30 WIB setelah Sarasehan selesai hingga berakhir pada jam 17.10 WIB

Acara Sarasehan dimulai dengan pembacaan doa bersama yang dipandu langsung oleh MC. selanjutnya Penyampaian materi safety induction K-3L oleh Bapak Etno alumni teknik sipil. Setelah itu acara sambutansambutan. Sambutan pertama adalah  Sambutan dari Bapak Moh. Zenurianto Dipl. Eng. HTL. MSC. selaku ketua pelaksana sekaligus Ketua IKA Polinem Pusat. Sambutan kedua oleh Pembantu Direktur (pudir) 3 yaitu Bapak Dr. Eng. Anggit Murdani S.T., M. Eng. Yang mewakili direktur yang berhalangan hadir. Sambutan dilanjutkan dengan pembukaan acara Sarasehan Alumni.

Memasuki acara inti adalah acara Sarasehan Alumni yang dipandu oleh moderator Bapak M. Isa Ashori. Pemaparan pemateri pertama yaitu Bapak Frikke Angga Kusuma selaku alumni teknik mesin ‘94 yang sudah sukses menjadi Director World Wide Manufacturing. Beliau menyampaikan materi tentang persiapan yang dibutuhkan mahasiswa ketika lulus di masa depan dan ingin melamar menjadi karyawan di suatu perusahaan melalui sudut pandangnya. Dalam pemaparannya beliau beranggapan bahwa di masa depan akan terjadi perubahan dalam 3 (tiga) hal yaitu digital marketplace, different ending, new business model. Kelak ketika lulus kita akan dihadapkan menjadi 2 (dua) pilihan pertama menjadi entrepreneur spirit dan kedua yaitu employee behavior, karena beliau sangat berpengalaman dan sukses menjadi karyawan sehingga beliau hanya menjelaskan poin ke 2 (dua) yaitu employee behavior. Menurut beliau menjadi employee behavior merupakan pengambilan resiko yang sangat sederhana ketika lulus kuliah kelak. Beliau juga menyampaikan tips saat melamar pekerjaan di perusahaan. Menurut Bapak Frikke ketika hendak memiliki pekerjaan yang dilakukan pertama kali yaitu melamar pekerjaan menggunakan surat lamaran. Agar surat lamaran bisa dilirik perusahaan seorang fresh graduate hendaknya menulis dengan keistimewaan atau ciri khas dirinya yang bisa di tuangkan di dalam surat lamaran tersebut. Selain surat lamaran, beliau juga memberikan tips saat interview. Terdapat 3 (tiga) poin penting saat interview yaitu be there want, presentation skill, dan manners.

Pemaparan kedua oleh Bapak Dery Sofyan selaku wirausaha sukses. Beliau menceritakan perjuangannya di masa – masa kuliah. Beliau berusaha untuk mencari penghasilan sembari kuliah di Politeknik Negeri Malang. Semangat merupakan modal utama Bapak Dery dalam menjalani perjuangannya hingga saat ini bisa sukses dengan mempunyai usaha sendiri yaitu PT Lintang Utama Infotek. Selama perjuangannya beliau tidak lepas dari bantuan para relasi yang membantu dalam mempromosikan dirinya hingga bisa dikenal banyak orang. Dari hal tersebut beliau berpesan kepada para mahasiswa catatlah nomer telepon dan alamat setiap orang yang kalian kenal karena kelak akan menjadi relasi kita dan menjadi sesuatu yang penting. Bisa saja kelak bisa saling bersinergi dalam berbisnis yang sesuai dengan tema “Sinergi Alumni dalam Kewirahusahaan & Peningkatan Daya Saing POLINEMA”.

Pemaparan ketiga oleh Bapak Kol. Supendi yang disampaikan secara singkat. Beliau menyampaikan saat berkerja kelak harus mempunyai rasa disiplin pada diri sendiri. Selain itu berkacalah terlebih dahulu baru mengomentari atau mengevaluasi orang lain.

Setelah pemaparan materi selesai dilanjutkan dengan sesi si tanya jawab antara mahasiswa sebagai peserta dan dijawab oleh pemateri.  Setelah acara tanya jawab selesai dilanjutkan dengan pemberian cinderamata kepada pemateri yang diberikan oleh Bapak Moh. Zenurianto selaku ketua pelaksana dan pembantu direktur 3 yaitu Bapak Dr. Eng. Anggit Murdani S.T., M. Eng.