background

Berita & Kegiatan

Temu Alumni Jurusan Teknologi Informasi 2017

Diunggah pada 21 September 2017

 

Jurusan Teknologi Informasi (JTI) mengadakan kegiatan Temu Alumni dilaksanakan pada tanggal 21 September di Aula Pertamina. Pada acara Temu Alumni ini menghadirkan 4 Alumni Jurusan Teknologi Informasi sebagai pemateri yaitu Nico Andry Lesmana yang bekerja di PT HM sampoerna Tbk yang perusahaannya di Jl. Raya Surabaya Malang KM  51.4 dengan jabatan Agronomist / Project Coordinator. Nico adalah alumni Program Studi Manajemen Informatika Angkatan 2004 yang juga angkatan pertama di Prodi tersebut. Pemateri kedua adalah Anas Mustain yang bekerja di PT. Gudang Garam Tbk yang perusahaannya di  Jl. Letjend. Sutoyo No. 55 Waru, Sidoarjo. Posisi saat ini menjabat sebagai  Staff Personalia – General Affair. Anas Mustain merupakan Alumni Prodi Manajemen Informatika angkatan kedua. Yang ketiga Bayu Seno Aji, yang juga angkatan pertama di Prodi Manajemen Infrmati. Setelah 7 tahun bekerja di beberapa Perusahaan, pada tahun 2014 memutuskan untuk menjadi enterpreneur. Pemateri yang keempat adalah angkatan pertama di Prodi D4 Teknik Informatika, Irtafa Masruri. Sejak lulus pada tahun 2014 langsung memutuskan membuat software house sendiri dengan nama “Happy Network People”.

Acara dimulai dengan laporan kegiatan oleh ketua Panitia kegiatan Ely Setyo Astuti yang melaporkan kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun dengan menghadirkan alumni-alumni Polinema untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada adik kelas. Acara selanjutnya adalah sambutan dari Ketua Jurusan yang diwakili oleh Ketua Program Studi D4 Teknik Informatika oleh Bapak Deddy Koesbianto. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya silahturahmi antara alumni dan almamater. Sambutan berikutnya oleh Ketua IKA Alumni Pusat yaitu oleh Bapak Zenurianto yang menyampaikan bahwa suatu prestasi yang bagus untuk Jurusan Teknologi Informasi sebagai jurusan yang masih baru tetaoi sudah mempunyai lulusan yang sudah mencapai jenjang karir  di Top level Manajemen. Oleh karena itu diharapkan adanya peran dan kontribusi dari Alumni ke Almamater. Dalam kesempatan ini Bapak Zen juga membuka acara Temu alumni.

Sebelum ke acara inti dibuka dengan sebuah tarian yang dipersempahkan oleh mahasiswa jurusan TI yang mengikuti program TF Scale yaitu sebuah program pertukaran pelajar dengan Singapura. Ringkasan materi yang disajikan dari alumni adalah diawali dengan menyajikan data statistik kenaikan tren jumlah pegawai yang terus meningkat.  Berdasarkan data dari BPS Badan Pusat Statistik  tahun 2016 jumlah buruh/pegawai/karyawan sebanyak 45.827.785. pada bulan Februari 2017 jumlah menjadi 47.420.633. membuat keputusan pada saat lulus, bekerja di perusahaan, melanjutkan studi atau menjadi enterpreneur.

Pada saat memilih melanjutkan studi ke S1 dengan tujuan menjadi pengajar/guru atau bahkan menlanjutkan lagi hingga jenjang s2 untuk menjadi dosen maka beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah memilih Universitas yang sesuai dengan spefisifikasi kompetensi di informatika diantaranya Progammer, Database , Networking. Selain kemmapuan akademis atittude dan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing (bahasa Inggris) sangat diperlukan.

Pilihan menjadi enterpreneur ragam pilihannya semakin berkembang dengan kemajuan teknologi. Diantaranya :

1. Online Shop

–  Ide kreatif untuk membuat produk / memasarkan produk

– Jasa persewaan : Kelengkapan Baby, Pernikahan, dll

2. Software House

3. Bisnis Warnet

4. Internet Service Provider

5. Dll ( Sesuai dengan disiplin ilmu masing yang dikuasai )

Enterpreneur yang diluar bidang keilmuan ada banyak alternatif namun tetap bisa menggunakan teknologi sebagai alat bantu untuk menjalankan usaha, diantaranya :

1. Jual beli Mobil

2. Membuka toko

3. Persewaan Mobil

4. Segala usaha yang menghasilkan & Halal